RSS

Pages

Multimedia In Use


1           Pengertian Multimedia
Multimedia adalah alat media perantara dimana dipakai untuk menyampaikan dan menyajikanteks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.

              Komponen Multimedia
1.)    Teks

Teks adalah sebuah perantara yang menyampaikan pesan/petunjuk kepada pengguna.



2.)    Gambar

Gambar berupa grafik, picture dan image. Yang bertujuan menyampaikan informasi melalui gambar.



3.)    Audio

Merupakan kumpulan suara yang dapat digabungkan menjadi satu dengan komponen multimedia lainnya seperti video dan mempunyai fromat seperti MP3, WAV dll.



4.)    Video

Video adalah kumpulan dari gambar-gambar dan suara yang dijadikan satu dan diberi sedikit efek untuk memperindah tampilan video tersebut. Format video dibedakan menjadi dua bagian yaitu;

      • Analog = NTSC dan PAL

      • Digital = MOV, MPG, AVI, MP4, ASF dll

5.)    Animasi

Suatu pergerakan-pergerakan frame yang diciptakan dengan mempertunjukkan satu rangkaian gambaran yang diubah dengan cepat, satu demi satu, berturut-turut nampak seperti gerakan berlanjut.
Animasi terdapat dua jenis yaitu; Animasi 2D dan Animasi 3D.

                Manfaat Multimedia
a.       Di bidang bisnis

multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.



Contoh:

Pada saat pelatihan karyawan, untuk membuat karyawan tertarik dengan persentasi kita, kita lebih baik menyajikannya dengan multimedia agar karyawan tertarik dengan persentasi kita.



b.      Di bidang pendidikan

penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik

Contoh:

Biasanya kita belajar hanya dengan menggunakan buku saja dalam proses pembelajaran. Dengan adanya multimedia kita bisa melakukan proses belajar mengajar menjadi menarik dan menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar